Politik Uang Jelang Pilkada 2024

- Pewarta

Kamis, 25 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi

Ilustrasi

” Berkaca pada pemilihan umum (pemilu) 14 Februari 2024, politik uang sudah menjadi wabah, tersebar di seluruh daerah. Selain aktor politisi, warga pemilih cenderung permisif atau bahkan mendukung politik uang sebagai hal yang wajar dalam meraih kekuasaaan.”

Politik uang selalu menjadi salah satu variabel kunci memobilisasi warga dalam setiap kontestasi elektoral.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Isu lima tahunan ini terkesan basi, namun perlu mendapat perhatian bersama dan mesti diamputasi sehingga tidak dilihat sebagai normalisasi baru oleh masyarakat.

Mengingat pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sudah di ambang pintu, penting membangun kesadaran kolektif masyarakat pemilih agar kebal dari rayuan jual-beli suara. Ini ujian berat terhadap kualitas demokrasi kita

Berkaca pada pemilihan umum (pemilu) 14 Februari 2024, politik uang sudah menjadi wabah, tersebar di seluruh daerah. Selain aktor politisi, warga pemilih cenderung permisif atau bahkan mendukung politik uang sebagai hal yang wajar dalam meraih kekuasaaan.

Di antara masyarakat pemilih, ada orang yang menantikan pemilu bukan sebagai momen memberi kedaulatan kekuasaan rakyat, melainkan bisa memanen uang yang banyak dari politisi yang berasal dari berbagai partai politik.

Singkatnya, warga melihat pemilu sebagai ajang ‘memeras uang’ politisi yang akan ditukar dengan suara pada hari pencoblosan di bilik suara.

Jumlahnya bervariasi, mulai dari angka Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per suara atau wajib pilih.

Bisa dibanyangkan politisi harus mengeluarkan uang banyak agar menggaet suara dan menang dalam kontestasi politik. Ini adalah arena persekongkolan politisi dengan pemodal atau pendonor yang memiliki kepentingan politik.

Namun, masih ada politisi yang kritis dan menyesali praktik politik uang yang bergelimang di tengah masyarakat. Bagi politisi model ini, pendidikan politik menjadi indikator kunci untuk menentukan pilihan politik.

Tranfer ide, gagasan menjadi alat tukar menggaet simpati rakyat.

Sebab dalam terang logika seperti ini, kedaulatan politik ada di tangan rakyat.

Sehingga genaplah, demokrasi per definitionem sebagai pemerintahan rakyat (dari, oleh, dan untuk rakyat). Secara normatif, demokrasi itu terus dituntut untuk menyerahkan kekuasaan itu kepada demos atau rakyat.

Joseph Schumpeter (1942) mendefinisikan demokrasi sebagai sebuah sistem pergantian kekuasaan secara damai dan berkala karena para peserta pemilu berkompetisi untuk merebut dukungan pemilih.

Hal itu tentu saja mustahil dilakukan ketika pertarungan dalam demokrasi elektoral, kompetisi politis ternyata digerakkan oleh politik transaksional dengan wajib pilih. Legitimasi demokrasi kian runtuh.

Menurut Nichter yang dikutip Burhanuddin Muhtadi dalam buku Kuasa Uang: Politik Uang Dalam Pemilu Pasca-Orde Baru (Muhtadi, 2020:10), dua kasus di atas merupakan contoh klientelisme elektoral di mana distribusi imbalan material kepada pemilih hanya dilakukan pada saat pemilu.

Artinya hubungan itu dibangun untuk kepentingan politis selama masa pemilu. Dan ini dilihat sebagai jalan terakhir untuk merebut kekuasaan.

Karena itu, hemat saya perlu ditelisik lebih jauh alasan yang mungkin, sehigga politik uang itu bertumbuh subur saat pemilu. Pertama, dalam dua kasus di atas diperlihatkan kepada publik bahwa politik uang selalu beroperasi dan menyasar masyarakat menengah ke bawah.

Ruang-ruang itu akan diisi oleh upaya menawarkan sejumlah uang sebagai alat tukar atas pilihan politik di saat masyarakat dalam keadaan mendesak merasa perlu mendapatkan uang sebagai penukar suara politiknya.

Kedua, tingkat pendidikan yang minim adalah gerbong masuknya politik uang. Dua kasus di atas adalah gambaran keterbatasan pengetahuan masyarakat kita tentang politik elektoral.

Hal yang disoroti adalah kurangnya keberpihakan partai-partai politik untuk mendorong kesadaran politis masyarakat.

Justeru partai-partai politik membiarkan organ-oragannya (baca: politisi) melakukan kecurangan di tengah kompetisi dalam partai politik untuk mendulang suara.

Ketiga, dua kasus di atas sebagai catatan tidak adanya kedekatan secara politis maupun ideologis antara warga pemilih dengan politisi.

Sulitnya membangun hubungan emosional- psikologis yang menjadikannya sebagai modal sosial. Hal ini mengkonfirmasi ideologi partai politik yang bertarung dalam kontestasi elektoral.

Akhirnya, rakyat yang diperantarai atau terumuskan di legislatif atau eksekutif, tidak memiliki kekuataan bahkan terasing dari kekuasaan politik

Untuk meminimalisasi bahaya laten, politik uang, perlu kerja keras penyelenggara pemilu, terutama membangun peradaban pendidikan politik yang memihak kepentingan publik. Selain itu, penting kehadiran partai politik membawa dampak terhadap peradaban politik di tingkat lokal.

Dibayangkan, jelang Pilkada 2024 partai-partai politik sebagai organ yang mampu membangun konsolidasi pencerahan dengan warga pemilih untuk menolak praktik politik yang menyabotase kedaulatan rakyat.***

 

 

 

Berita Terkait

Sport Tourism, Bang Zul Branding NTB Menyapa Dunia
Muktamar NW di IKN, Melanjutkan Spirit Perjuangan Maulana Syaikh
Silaturahmi Bang Zul Mengejawantahkan Nilai Ke-Sasak-an
Hardiknas : Beasiswa NTB, Pikiran Besar Doktor Zul
Refleksi Hardiknas : Beasiswa NTB Merajut Impian
Alasan dan Sejarah, Mengapa 1 Mei Diperingati Sebagai Hari Buruh?
Pilkada Arena Tarung Isi ” Gegandek”
Fenomena Cocoklogi di Pilkada Lombok Timur

Berita Terkait

Senin, 6 Mei 2024 - 07:19 WITA

Sport Tourism, Bang Zul Branding NTB Menyapa Dunia

Minggu, 5 Mei 2024 - 15:03 WITA

Muktamar NW di IKN, Melanjutkan Spirit Perjuangan Maulana Syaikh

Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:34 WITA

Silaturahmi Bang Zul Mengejawantahkan Nilai Ke-Sasak-an

Jumat, 3 Mei 2024 - 10:20 WITA

Hardiknas : Beasiswa NTB, Pikiran Besar Doktor Zul

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:22 WITA

Refleksi Hardiknas : Beasiswa NTB Merajut Impian

Rabu, 1 Mei 2024 - 19:48 WITA

Alasan dan Sejarah, Mengapa 1 Mei Diperingati Sebagai Hari Buruh?

Rabu, 1 Mei 2024 - 13:05 WITA

Pilkada Arena Tarung Isi ” Gegandek”

Selasa, 30 April 2024 - 15:25 WITA

Fenomena Cocoklogi di Pilkada Lombok Timur

Berita Terbaru

Translate »