Keren! 35 Pengurus OSIS SMAN 1 Pringgabaya Digembleng Jadi Calon Pemimpin Masa Depan

- Pewarta

Senin, 18 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

CERAKEN.ID  –  Baru saja dilantik, Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pringgabaya langsung bikin gebrakan. Mereka menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan thema yang cukup unik dan menarik yakni Student Today Leader Tomorrow, Pelajar Hari ini, Pemimpin Masa Depan.

Kegiatan LDK diikuti 35 Peserta dan berlangsung selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (16-17 September 2023) dibuka langsung  Hasanudin SPd, Kepala SMA Negeri 1 Pringgabaya. Acara Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pengalungan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala Sekolah kepada Ketua OSIS SMAN 1 Pringgabaya terpilih disaksikan dan dihadiri oleh seluruh pembina kegiatan siswa dan disemarakkan atraksi gendang belek dan lain-lain.”Kepala Sekolah juga memberikan materi tentang motivasi diri sebagai pembicara pertama,”sebut Ahmad Qadri SPd, Pembina OSIS SMAN Negeri 1 Pringgabaya yang didampingi dua guru pembina Wawan Mulyawan SPd dan Kaspul SPd.

Disebutkan, Latihan Dasar Kepemimpinan dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar manajemen organisasi kepada 35 pengurus baru OSIS SMA Negeri 1 Pringgabaya.” Target kita  para siswa akan mendapatkan bekal bagaimana berorganisasi yang baik melalui beragam organisasi siswa intra  maupun ekstra kurikuler,”jelasnya seperti dikutip CERAKEN.ID dari MATARAMRADIO.COM.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berbeda dengan latihan dasar kepemimpinan sebelumnya, tahun ini pihak panitia sengaja menghadirkan narasumber dari kalangan alumni dengan beragam latar belakang profesi seperti praktisi media, TNI Polri dan pengasuh pondok pesantren.”Kami memang ingin ada tukar menukar pengalaman dan transfer knowledge antara alumni dengan adik-adiknya, antara senior dan junior. Sehingga peserta mendapat gambaran yang utuh dan lengkap bagaimana menjadi aktivis sekolah yang sukses dalam studi, organisasi dan berprestasi dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah,”paparnya.

Selama dua hari, para peserta latihan dasar kepemimpinan tidak saja mendapat paparan teori tentang kepemimpinan, manajemen organisasi, manajemen qolbu, bela Negara hingga kiat bagaimana memanfaatkan media massa dan media sosial untuk sosialiasi dan membangun citra yang positif tentang giat OSIS SMA Negeri 1 Pringgabaya kepada khalayak luas.”Ada juga latihan baris berbaris, dinamika kelompok dan outbound di hari kedua,”cetusnya.

Hadirkan Para Alumni Sebagai Pemateri

Selain menghadirkan Kepala SMA Negeri 1 Pringgabaya sebagai keynote speaker, panitia menghadirkan narasumber yang semuanya merupakan alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya.

Pada hari pertama, paparan materi  disampaikan oleh Sukri Aruman mantan Ketua OSIS pertama SMA Negeri 1 Pringgabaya dan juga Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya dengan menyampaikan presentasi berjudul Menjadi Aktivis Sekolah: Sukses Studi Organisasi dan Prestasi; TGH Mujiburahman SPd.I,   selaku Mudir Ponpes Tahfiz Hubbul Wathan Pringgabaya dengan materi Manajemen Qolbu. Selanjutnya  Abdul Jaelani, jurnalis Radar Lombok yang membawakan materi tentang Media Massa dan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi giat OSIS.

Sedangkan pada hari kedua, panitia menghadirkan narasumber dari kalangan TNI Polri yakni Serma Lalu Jalaludin, Anggota TNI dari Koramil 1615-03 Sambelia Kodim 1615 Lombok Timur. Lalu Jalal menyampaikan teori dan praktek bela Negara. Disusul IPDA Ahmad Rifai dari Kesatuan Polres Lombok Timur tepatnya sebagai Kanit tentang Dasar-Dasar Kepemimpinan dan Organisasi.” Atas nama Pembina OSIS SMA N 1 PRINGGABAYA mengucapkan terimakasih kepada pemateri para pemateri  atas penyampaian materi. Antusias peserta LDK dan tugas yang telah diberikan, semoga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar sehingga ke depan akan terbentuk  pemimpin yang berkarakter positif,”imbuh Ahmad Qadri SPd. Mantap dah! (C-Red-02)

Berita Terkait

Siswa SMA Sederajat Diimbau Tidak Ikuti Tren Menikah di Bulan Syawal
Viral! Siswa Dilarang Bawa HP ke Sekolah, Bikin Emak-Emak Ngomeh di Medsos. Ternyata ini Alasannya!
IKA SMANSABAYA Dukung Program Sekolah “Cekal” Stunting
Gubernur NTB Kukuhkan Pengurus Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya
Terima Rombongan Pengurus Pusat IKA SMA Negeri 1 Pringgabaya, Kepala Sekolah Nyatakan Bangga

Berita Terkait

Sabtu, 13 April 2024 - 19:00 WITA

Siswa SMA Sederajat Diimbau Tidak Ikuti Tren Menikah di Bulan Syawal

Minggu, 3 Maret 2024 - 13:23 WITA

Viral! Siswa Dilarang Bawa HP ke Sekolah, Bikin Emak-Emak Ngomeh di Medsos. Ternyata ini Alasannya!

Senin, 18 September 2023 - 06:41 WITA

Keren! 35 Pengurus OSIS SMAN 1 Pringgabaya Digembleng Jadi Calon Pemimpin Masa Depan

Kamis, 2 Maret 2023 - 08:43 WITA

IKA SMANSABAYA Dukung Program Sekolah “Cekal” Stunting

Minggu, 20 November 2022 - 23:59 WITA

Gubernur NTB Kukuhkan Pengurus Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya

Minggu, 25 September 2022 - 16:44 WITA

Terima Rombongan Pengurus Pusat IKA SMA Negeri 1 Pringgabaya, Kepala Sekolah Nyatakan Bangga

Berita Terbaru

SOCIAL & POLITIC

ZulUhel Disebut Pasangan Pemimpin yang Merakyat, Ini Kata Mereka!

Minggu, 9 Jun 2024 - 13:19 WITA

SOSIAL BUDAYA

“Merarik Kodek” Bukan Budaya Sasak Lombok

Selasa, 4 Jun 2024 - 12:49 WITA

Translate »