Ini Tentang 31 Tahun Album Nirvana’s “Smells Like Teen Spirit”

- Pewarta

Sabtu, 10 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

CERAKEN.ID – Anda penggemar Band cadas Nirvana? Mari bernostalgia dengan band yang telah menciptakan banyak hits terkenal. Salah satunya album mereka bertajuk Smells Like Teen Spirit.

Nirvana merilis single mereka “Smells Like Teen Spirit” pada 10 September 1991. Ini adalah lagu pembuka dan single utama dari album kedua milik band ini, Nevermind (1991), dirilis melalui DGC Records.

Smells Like Teen Spirit” adalah hit terbesar Nirvana, mencapai nomor enam di Billboard Hot 100, dan ada di tempat tinggi pada tangga lagu industri musik di seluruh dunia pada tahun 1991 dan 1992. Kesuksesan yang tak terduga mendorong Nevermind ke puncak tangga lagu di awal 1992, sebuah peristiwa yang sering ditandai sebagai titik di mana grunge memasuki arus utama.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Smells Like Teen Spirit” menerima pujian kritis, termasuk memuncaki angket oleh Village Voice Pazz & Jop dan memenangkan dua MTV Video Music Awards untuk video musiknya, yang mendapatkan rotasi berat di televisi musik. Lagu ini dijuluki sebagai sebuah “anthem for apathetic kids” dari Generasi X, tetapi band ini menjadi tidak nyaman dengan perhatian yang dibawa mereka. Pada tahun-tahun sejak kematian Kurt Cobain, pendengar dan kritikus terus memuji “Smells Like Teen Spirit” sebagai salah satu lagu terbesar dalam sejarah musik rock.

Selain masuk ke dalam daftar tersebut, lagu ini ternyata juga punya beberapa fakta unik diballiknya, ini dia 10 diantaranya:

  1. Kurt Cobain mengatakan lagu ini sebenarnya adalah sebuah rip off atau gabungan/bajakan dari beberapa lagu termasuk lagu ikonik milik Boston, “More Than A Feeling”.
  2. Video klip lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ sendiri terinspirasi dari film Over The Edge (1979) dan film dari band punk legendaris, Ramones. Rock ‘n Roll High School (1979).
  3. Lagu ini ternyata baru tercipta beberapa minggu sebelum Nirvana melakukan sesi rekaman album Nevermind di tahun 1991.
  4. Di tahun 1994, Kurt Cobain bilang kalo lagu ini ternyata terinspirasi dari salah satu lagu dari band legendaris The Pixies. “Aku mencoba menulis lagu pop yang keren. Sebetulnya aku mencoba buat nge-rip off The Pixies. Kami mengakui kalo kami memakai dinamika mereka, pelan dan sepi kemudian kencang dan keras,” jelas Cobain.
  5. Judul lagunya yang sedikit unik ternyata terinspirasi dari tulisan cat semprot di tembok yang ditulis oleh vokalis band Bikini Kill, Kathleen Hanna, berbunyi “Kurt Smells Like Teen Spirit”.
  6. Kurt Cobain yang mengetahuinya berpikir kalo slogan ini adalah pesan yang revolusioner. Padahal, menurut Hanna, Teen Spirit hanyalah merk deodoran yang digunakan oleh pacar Cobain ketika itu, Tobi Vail. Cobain sendiri nggak mengetahui fakta ini hingga lagunya dirilis.
  7. Ketika Kurt Cobain pertama kali menunjukkan lagu ini kepada dua rekannya di Nirvana, sang bassis, Krist Novoselic bilang kalo lagu ini ‘nggak masuk akal’. Akan tetapi kemudian Dave Grohl ngebantu Kurt buat mengubah lagu ini jadi lebih baik. “Tunggu sebentar, kenapa kita nggak lambatkan (lagu) ini sejenak. So. Aku mulai bermain bagian verse, lalu Dave bermain beat drumnya,” kata Kurt Cobain.
  8. Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ adalah satu-satunya lagu di album Nevermind dimana ketiga personel band tertulis jadi co-writer di balik kreditnya.
  9. Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ ini akhirnya direkam dengan produser Butch Vig dari band Garbage, hanya dengan tiga kali take. Begitu juga dengan pembuatan video klipnya, yang juga hanya membutuhkan tiga kali take dalam prosesnya.
  10. Label rekaman Nirvana, DDC, awalnya udah nyiapain lagu “Come As You Are’ sebagai hits andalan dari album Nevermind. Tapi karena lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ sukses besar, mereka jadiin lagu ini sebagai andalan, dan “Come As You Are’ jadi single kedua.

Personel

• Kurt Cobain – guitar, vocals
• Krist Novoselic – bass guitar
• Dave Grohl – drums (C-E/01)

Berita Terkait

Lebih Dekat dengan Sabo, Gitaris SKID Row
Mengenang Musisi Yockie Suryo Prayogo: Kiprahnya Membesarkan Godbless
Lebih Dekat Dengan Eks Metallica: Jason Newsted
Mengenang Jimi Hendrix
Ada Ferdi Sambo di Laga Presean Perang Bintang Mayura
Angkasa Pura 1 Tawarkan Eks Bandara Selaparang Untuk Lokasi Event
Rayakan 29 Tahun Nirvana di Utero
STYK dan kehebatan Komposer Tommy Rolland Shaw

Berita Terkait

Sabtu, 16 September 2023 - 08:44 WITA

Lebih Dekat dengan Sabo, Gitaris SKID Row

Jumat, 15 September 2023 - 05:27 WITA

Mengenang Musisi Yockie Suryo Prayogo: Kiprahnya Membesarkan Godbless

Minggu, 5 Maret 2023 - 16:07 WITA

Lebih Dekat Dengan Eks Metallica: Jason Newsted

Selasa, 29 November 2022 - 14:22 WITA

Mengenang Jimi Hendrix

Sabtu, 17 September 2022 - 16:12 WITA

Ada Ferdi Sambo di Laga Presean Perang Bintang Mayura

Selasa, 13 September 2022 - 19:56 WITA

Angkasa Pura 1 Tawarkan Eks Bandara Selaparang Untuk Lokasi Event

Selasa, 13 September 2022 - 11:50 WITA

Rayakan 29 Tahun Nirvana di Utero

Minggu, 11 September 2022 - 08:24 WITA

STYK dan kehebatan Komposer Tommy Rolland Shaw

Berita Terbaru

SOCIAL & POLITIC

ZulUhel Disebut Pasangan Pemimpin yang Merakyat, Ini Kata Mereka!

Minggu, 9 Jun 2024 - 13:19 WITA

SOSIAL BUDAYA

“Merarik Kodek” Bukan Budaya Sasak Lombok

Selasa, 4 Jun 2024 - 12:49 WITA

Translate »