Lebih Dekat Dengan Eks Metallica: Jason Newsted

- Pewarta

Minggu, 5 Maret 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

CERAKEN.ID – Dilahirkan dengan nama Jason Curtis Newsted pada 4 Maret 1963 di Battle Creek, Michigan, AS. Dia lahir ke dalam sebuah keluarga musisi: ibunya mengajar piano dan salah satu kakaknya bermain trumpet.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia dikenalkan musik saat masih anak-anak, mendengarkan rekaman koleksi -kakak-kakaknya. Alat musik pertamanya adalah gitar, dimana dia mulai memainkannya di usia 9 tahun, tapi dia beralih ke bass pada usia 14 tahun, setelah mendengarkan Gene Simmons dari Kiss.

Newsted menyebut Geezer Butler dari Black Sabbath sebagai pengaruh besarnya. Dia menyebut Lemmy Kilmister dari Motorhead, Steve Harris dari Iron Maiden, Peter Baltes dari Accept, Geddy Lee dari Rush, Rob Grange dari Ted Nugent dan Bill Church dari Montrose sebagai pengaruh signifikan lainnya.

Bagian awal dari karir musik Newsted adalah saat dia bermain bass untuk Flotsan and Jetsam dan album tahun 1986 mereka, Doomsday for the Deceiver. Newsted menulis mayoritas lirik untuk album itu.

Menyusul kematian Cliff Burton pada September 1986 di jadwal Eropa dari Damage Inc. Tour, grup mulai mencari seorang bassis baru. Newsted diaudisi dengan 39 musisi lainnya dan memenangkan peran itu, penampilan pertamanya dengan Metallica adalah di the Country Club di Reseda, California.

Debutnya dengan Metallica adalah di The $5.98 E.P.: Garage Days Re-Revisited di tahun 1987. Ini diikuti oleh album studio pertamanya dengan band, …And Justice for All (1988), yang menjadi subyek antara lain untuk kontroversi dan kritik untuk produksinya, untuk sound bass-nya yang tidak terdengar. Newsted mengklaim ini adalah campur tangan lebih jauh dari Lars Ulrich dan James Hetfield, walaupun baik Ulrich dan Hetfield mengklaim mereka kecewa dengan produksi album ini. Selain itu, mereka mengklaim bahwa sebagian besar/semua alur bass Newsted secara dekat mengikuti alur gitar ritem agar bisa berkait dengan satu sama lainnya. Namun demikian, album ini mencapai No. 6 di Billboard 200 dan memproyeksikan kesuksesan tinggi band.

Newsted juga tampil di self-title Metallica (1991), yang merupakan album Metallica paling laris hingga kini dan membuat grup dikenal dunia, Load (1996) dan ReLoad (1997). Konser live, Live Shit: Binge & Purge dan Cunning Stunts dirilis pada masing-masing pada 1993 dan 1997, dan S&M pada 1999. Newsted juga bermain bass di lagu “I Disappear” pada tahun 2000.

Selama waktunya dengan Metallica, Newsted juga menyanyikan vokal latar di sejumlah lagu Metallica. Selama tur pada tahun 1989, dia menyanyikan bagian “Creeping Death”, “Whiplash” dan “Seek and Destroy”, dan dia menampilkan vokal utama di sebagian besar lagu untuk tiga pertunjukan di Summer Sanitarium Tour dimana Hetfield menyembuhkan diri dari cedera.

Dia dikenal untuk solo bassnya yang menjadi bagian dari “My Friend of Misery” (dimana awalnya ditulis Newsted sebagai instrumental) dan bagian bass dari bandnya, Flotsam and Jetsam.

Dia ikut menulis tiga lagu Metallica: “Blackened” (…And Justice for All) (James Hetfield, Jason Newsted, Lars Ulrich); “My Friend of Misery” (Metallica) (Hetfield, Newsted, Ulrich); dan “Where the Wild Things Are” (ReLoad) (Hetfield, Newsted, Ulrich).

Selama sebuah pertemuan antara anggota Metallica pada Januari 2001, Newsted menyarankan bahwa band harus mengambil hiatus selama 1 tahun, dan dia akan menggunakan waktu itu untuk fokus pada proyek sampingannya, Echobrain. Saat anggota band lainnya menolak usulan Newsted, dia memutuskan keluar dari band. Pada 17 Januari, saat rencana yang dibuat oleh band untuk masuk studio rekaman untuk merekam album studio ke delapan, Newsted mengumumkan kepergiannya. Pernyataan Newsted mengungkapkan kepergiannya berdasarkan “alasan pribadi dan kerusakan fisik yang saya lakukan pada diri saya selama bertahun-tahun selama memainkan musik yang saya cintai”. Selama wawancara Playboy dengan Metallica, Newsted mengungkapkan bahwa dia ingin merilis sebuah album dengan Echobrain. Hetfield menentang ide itu dan berkata, “Saat seeorang melakukan proyek sampingan, hal itu merampas kekuatan dari Metallica.” Newsted menanggapi pernyataan itu dengan pernyataan kontribusi Hetfield untuk proyek musik lainnya. Hetfield membalas, “Nama saya tidak ada di rekaman-rekaman itu, dan saya tidak berusaha menjualnya.” dan memberikan pertanyaan seperti; Dimana hal itu akan berakhir? Apakah dia memulai tur? Apakah dia menjual pakaian? Apakah ini bandnya?. Kepergian Newsted dari Metallica, bersama dengan keputusan Hetfield untuk melakukan rehab beberapa bulan kemudian, hampir menyebabkan pembubaran band. Setelah Hetfield bergabung kembali dengan Metallica, band menyelesaikan rekaman St. Anger, dengan produser rekaman Bob Rock mengisi bagian bass. Robert Trujullo menjadi bassis bari band pada tahun 2003.

Newsted mengatakan bahwa dia tidak pernah menyesal meninggalkan band. “Saya katakan pada anda sejujurnya, satu milyar persen, saya tidak pernah menyesal meninggalkan Metallica. Itu adalah hal yang tepat bagi tiap orang untuk melakukannya. Itu dia. Saya tidak pernah mengatakan pada tiap orang bahwa saya ingin kembali atau hal semacam itu-tidak sekalipun. Saya menguatkan perasaan saya. Itu bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tapi itu adalah sesuatu yanh harus saya lakukan. Saya berpikir keras tentang hal itu sebelum saya memutuskan dan karena iyu, saya tidak pernah menoleh ke belakang. Masa lalu adalah dimana hal itu seharusnya berada.” Hal itu dikatakan di film Some Kind Of Monster bahwa ada rumor bahwa Newsted kemungkinan akan bergabung kembali dengan band, tapi hal itu terbukti salah.

Meskipun berkenaan dengan kepergiannya dari Metallica, Newsted tetap berteman dekat dengan anggota band lain. Pada 9 April 2009, Newsted bergabung dengan Metallica untuk pelantikan kedalam Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio. Dia juga membawakan tiga lagu pada acara itu-“Master of Puppets”, “Enter Sandman”, dan “Train Kept A-Rollin'”-dengan Hetfield, Ulrich, Hammett, dan Robert Trujillo, dan Jeff Beck, Jimmy Page, Joe Perry, Ron Wood, dan Flea. Pada 5, 7, 9 dan 10 Desember 2011, Newsted berkumpul kembali dengan Metallica selama empat pertunjukan 30th Anniversary mereka dan membawakan beberapa lagu dengan band, Trujillo dan, musisi tamu lainnya. Hetfield menyebut betapa para penggemar “memberi semangat” saat Newsted berjalan ke panggung, tersenyum dan melambai kepada penonton.

Pada 16 Desember 2013, Newsted menambahkan pernyataan sebelumnya berkenaan dengan kepergiannya dari Metallica dan mengatakan bahwa proyeknya dengan Echobrain ditentang oleh James Hetfield karena manajemen Metallica di Q Prime ingin mempromosikan Echobrain tapi dipaksa untuk membatalkannya oleh permintaan Hetfield degan kalimat “aransemen lain dapat dibuat.” Jason yakin bahwa Echobraon tidak akan berakibat pada Metallica karena dijalankan saat diperlukan. Newsted melanjutkan, “Dan mereka mengatakan pada saya, sangat meyakinkan, ‘Ini adalah rekanman hebat, kami memainkannya di sekitar kantor, itu semua sudah saya dengarkan, fantastis, anak ini memiliki seuara yang hebat. Mari kita lakukan sesuatu dengan ini.’ Itu yang mereka kataka pada saya, dan kemudian James Hetfield mendengar tentang ity dan tidak suka. Dia, saya rasa, sangat tidak menyukai semuanya karena akan berakibat pada Metallica dalam pandangannya, karena sekarang manajer tertarik dengan sesuatu yang saya kerjakan yang tidak berhubungan dengan dia.” Bassis ini menambahkan hal berikut: “Saya tidak apa yang (Hetfield) pikirkan, lebih dari melindungi apa yang bernilai bagi dia, seperti yang dia lakukan; itu adalah miliknya. Dia melindungi apa yang dia cintai, memeluknya terlalu erat, seperti yang dia katakan sendiri. Memeluknya terlalu erat, melindunginya sangat berlebihan. Itulah dari mana saya berasal. Orang yang saya percayai selama 15 tahun untuk menolong saya salam karir saya, membantu Metallica, mengurus uang saya, melakukan semua hal-hal itu, mengatakan pada saya, ‘Proyek baru anda fantastis, kami akan senang membantu anda dengan itu.’ James mendengar tentang hal itu, manajer memanggil saya kembali dua hari kemudian – ‘Maaf kami tidak bisa membantu anda dengan Echobrain itu.'”

Newsted bergabung dengan Voivod pada tahun 2002. Secara kebetulan, dia juga pengganti Trujillo di band Osbourne (saling bertukar) selama Ozzfest 2003, yang termasuk Voivod sebagai band Second Stage. Selama sebuah wawancara MTV, baik Osbourne dan Newsted memperlihatkan antusiasme ekstrim dalam penulisan album baru bersma, dengan Osbourne membandingkan Newsted pada “Geezer Butler muda.”, Namun, hal ini tidak terlaksana saat Newsted meninggalkan Osbourne setelah menyelesaikan tur pada akhir 2003. Dia kemudian digantikan oleh bassis Rob Zombie, Rob “Blasko” Nicholson.

Newsted kemudian memfokuskan pada Voivod, dimana, seperti Echobrain, grup ini seluruhnya didanai oleh dia sendiri. Mereka merekam dua labum sebelum partisipasi Newsted di Rock Star Supernova, sebuah supergrup yang diciptakan melalui seri tv reality, Rock Star Supernova pada tahun 2006.

Inkarnasi keempat Voivod menampilkan tiga anggota pendiri: Denis Belanger (aka Snake, vokal), Denis D’Amour (aka Piggy, gitar), dan Michael Langevin (aka Away, drum), dengan Jason Newsted (aka Jasonic) pada bass. Gitaris D’Amour meninggal pada usia 45 tahun pada 26 Agustus 2005 karena komplikasi dari colon cancer. Rekaman Katorz (ejaan fonetik dari quatorze, kata bahasa Perancis untuk empatbelas), dirilis pada Juli 2006 berdasarkan riff yang ditemukan di laptop D’Amour. Pembaruan pada Desember 2008 di website Voivod menyatakan bahwa Newsred memainkan “semuah trek bass” di album terbaru mereka, Infini, yang dirilis pada 23 Juni 2009. Voivod telah bereuni dengan pemain bass aslim Jean-Yves Theriaault (Blacky).

Supernova dibentuk sebagai basis untuk musim kedua dari acara televisi CNS, Rock Star dalam pencarian untuk menemukan seorang penyanyi utama. Acara itu dimulai online di website Rock Star di MSN pada 3 Juli 2006 dengan episode mingguaun eksklusif Internet, dan tayang perdana di CBS pada hari rabu 5 Juli itu. Pemilihan dilakukan via website. Pada 13 September 2006, Lukas Rossi dimahkotai pemenang.

Pada 23 Oktober 2006, Newsred cedera saat berusaha menangkap bass amp head yang jatuh. Kecelakaan itu mengakibatkan robek sebuah syaraf bagian dalam di pundak kirinya dan menyebabkan salah urat di bagian kanan. Dia dijadwalkan untuk operasi segera, dan menjalani sebuah proses rehab lama. Selama waktu ini dia tidak bisa bermain, memulai mengekspresikan dirinya dalam lukisan. Pada 4 Januari 2007, dia kembali memainkan bassnya kembali.

Saat menyembuhkan dari cedera pundaknya, Newsted menemukan ketenangan dalam lukisan. Newsred telah mengeluarkan sejumlah besar karya asli seninya selama beberapa dekade terakhir. Newsted mengatakan bahwa dia beralih “dari membuat musik gila dan berwarna ke membuat lukisan gila dan berwarna.” Pertunjukan galeri pertamanya dibuka pada 4 Mei 2010 di Micaela Gallery di San Fransisco.

Pada 4 April 2009, Newsted tampil dengan mantan rekan seband Metallica-nya, James Hetfield, Lars Ulrich dan Kirk Hammett, juga Ray Burton, ayah dari almarhum bassis Metallica Cliff Burton. Dia tampil bersama bassis saat ini Robert Trujillo di pesta pelantikan The Rock and Roll Hall Fame di Cleveland, Ohio. Ini adalah penampilan pertamanya dengan band selama hampir satu dekade, penampilan terakhir mereka bersama berlangsung selama the VH-1 Awatds di Shrine Auditorium pada Nopember 2009. Baik Newsted dan Trujillo tampil di panggung bersamaan, yang pertama untuk band.

Pada Oktober 2010 diumumkan bahwa Newsted akan bergabung dengan sebuah supergrup dengan penyanyi Ian Gillan dan mantan kibordis Jon Lord dari Deep Purple, gitaris Tony Iommi dari Black Sabbath, gitaris kedua Mikko Lindstrom dari HIM dan drumer Nicko McBrain dari Iron Maiden. Band ini, bernama WhoCares, merekam sebuah single amal berjudul “Out of My Mind”. Single amal ini juga menampilkan sebuah lagu berjudul “Holy Water’ dan juga tersedia sebagai unduhan digital atau format CD pada 6 Mei 2011.

Pada Desember 2012, Newsted mengumumkan bahwa dia telah membentuk bandnya sendiri bernama Newsted dengan drumer Jesus Mendez Jr. dan gitaris Jessie Farnsworth, dengan gitaris Staind, Mike Mushok bergabung kemudian pada Maret 2013. Band merilis EP empat lagu, berjudul Metal, pada 8 Januari 2013. Newsted merilis album debutnya berjudul Heavy Metal Music pada 6 Agustus 2013. Pada September 2014, band menjadi tidak aktif saat website-nya berisi hanya sebuah pesan singkat bahwa pada 15 September 2014, Jason Newsted tidak lagi ada di situs jaringan sosial manapun.

Pada 2004, Newsted dikontrak sebagai pendukung resmi Little Kids Rock, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan alat musik dan instruksi gratis untuk anak-anak di sekolah umum yang kurang mampu di AS.

Pada Agustus 2016 setelah lenyap dari pandangan umum selama 2 tahun, Newsted mengumumkan bahwa dia sudah membentuk sebuah grup akustik baru bernama Jason Newsted and the Chophouse Band dan sudah menjadwalkan beberapa jadwal manggung selama musim gugur. Sebuah video buatan seorang penggemar memperlihatkan band (dengan Jason memainkan gitar akustik dan sebagai vokalis utama) memainkan lagu klasik “This Land Is Your Land”. (*)

Berita Terkait

Lebih Dekat dengan Sabo, Gitaris SKID Row
Mengenang Musisi Yockie Suryo Prayogo: Kiprahnya Membesarkan Godbless
Mengenang Jimi Hendrix
Ada Ferdi Sambo di Laga Presean Perang Bintang Mayura
Angkasa Pura 1 Tawarkan Eks Bandara Selaparang Untuk Lokasi Event
Rayakan 29 Tahun Nirvana di Utero
STYK dan kehebatan Komposer Tommy Rolland Shaw
Ini Tentang 31 Tahun Album Nirvana’s “Smells Like Teen Spirit”

Berita Terkait

Sabtu, 16 September 2023 - 08:44 WITA

Lebih Dekat dengan Sabo, Gitaris SKID Row

Jumat, 15 September 2023 - 05:27 WITA

Mengenang Musisi Yockie Suryo Prayogo: Kiprahnya Membesarkan Godbless

Minggu, 5 Maret 2023 - 16:07 WITA

Lebih Dekat Dengan Eks Metallica: Jason Newsted

Selasa, 29 November 2022 - 14:22 WITA

Mengenang Jimi Hendrix

Sabtu, 17 September 2022 - 16:12 WITA

Ada Ferdi Sambo di Laga Presean Perang Bintang Mayura

Selasa, 13 September 2022 - 19:56 WITA

Angkasa Pura 1 Tawarkan Eks Bandara Selaparang Untuk Lokasi Event

Selasa, 13 September 2022 - 11:50 WITA

Rayakan 29 Tahun Nirvana di Utero

Minggu, 11 September 2022 - 08:24 WITA

STYK dan kehebatan Komposer Tommy Rolland Shaw

Berita Terbaru

OLAHRAGA

Jeffrey Herlings Berjaya di MXGP Indonesia 2024 Series 12

Minggu, 7 Jul 2024 - 23:28 WITA

Translate »