Banyak Wajah Baru Anggota DPRD Lombok Barat

- Pewarta

Senin, 18 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

LOMBOK BARAT (ceraken.id)– Hasil pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten tahun 2024-2029 telah ditetapkan oleh KPU Lombok Barat. Termasuk 45 kursi anggota terpilih DPRD Kabupaten Lobar.

Dalam pileg tahun ini, hampir setengah dari calon incumbent justru tergusur oleh caleg baru. Atau 50 persen incumbent di Lobar tidak lolos untuk melenggang lagi menuju gedung DPRD dalam Pileg kali ini.

Ketua KPU Lobar, Lalu Rudi Iskandar mengatakan pihaknya sudah melakukan pleno penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara, kemudian penetapan hasilnya oleh KPU. “Sudah ada tahapannya (penetapan),” jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat (15/03/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara itu, Komisioner KPU Lobar, Riadi merincikan 45 anggota DPRD terpilih di lima daerah pemilihan (dapil) Lobar. Untuk dapil 1 (Gerung – Kuripan) dengan raihan total 8 kursi, dengan caleg terpilih di antaranya Lalu Irwan dari partai Gerindra, Syukur dari Nasdem, Lalu Hermayadi dari Golkar, Ahyar Rosidi dari PKS, Munawir Said dari Perindo, M. Ali Hidayat dari PPP, Munawir Haris dari PAN, dan TGH Hardiyatullah dari PKB. Dari 8 nama caleg terpilih ini, 6 orang merupakan incumbent dan 2 di antaranya pendatang baru, yakni Syukur dan Munawir Said.

Baca Juga :  Bupati Bima Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024 

Kemudian di dapil 2 (Sekotong – Lembar) yang juga memperoleh 8 kursi. Dua kursi diraih oleh caleg dari partai Golkar, di antaranya Lalu Ivan Indaryadi dan H. Beny Basuki. Kemudian Suherman dari Nasdem, Sahwan dari Demokrat. Disusul Caleg dari PAN Hery Irawan, serta HM Hadran Farizal dari PKS dan TGH Hamdi dari PKB, serta Abdul Majid yang merupakan Caleg dari PPP. Dari 8 nama Caleg terpilih ini, 4 diantaranya merupakan wajah baru.

Kemudian untuk Dapil 3 (Kediri – Labuapi), memperoleh 9 kursi yang terpilih. Diantaranya Caleg dari PKS Hj. Nurul Adha, Caleg Perindo Dr. Syamsuriansyah, dari Nasdem Pauzul Bayan. Kemudian Achmad Suparman dari PPP, Farukfatin Said dari Golkar, Romi Rahman dari Gerindra, Hj. Rapiah dari PKB, Taufiqurrahman dari Hanura dan Haris Karnain dari Demokrat. Dari 9 caleg terpilih ini, enam diantaranya merupakan wajah baru dan hanya 3 orang incumbent.

Baca Juga :  Resmi, Sudirman Dampingi Sahril Maju di Pilkada Sumbawa 2024

Untuk Dapil IV (Batulayar – Gunungsari) yang juga memperoleh 9 kursi yang terpilih. Diantaranya Caleg Gerindra Azalea Annisa Rengganis, dari PKS Zulpahmi, dari Golkar M. Zulkarnain, dari Demokrat Deni Asnawi. Kemudian dari Nasdem Tarmizi, H. Faedullah dari Perindo, H. Zahrul Maliki dari PKB, Saeun dari PAN dan M. Munip dari PPP. Dari 9 anggota terpilih ini, 6 orang incumbent dan 3 non petahana.

Kemudian di dapil V (Narmada – Lingsar) dari 11 kursi yang terpilih diantaranya, Zaenuri dari PAN, Muhali dari PPP, Hj. Robihatul Khairiyah dari Demokrat, H. Hindri Suyana PKS, Hendra Harianto dari PKB, H Husnan Wadi dari Perindo. Kemudian H. Jumahir dari Golkar, Tunik Hariani dari Gerindra, serta Kamaruddin dari Nasdem. Selanjutnya M. Jaenudin dari partai Ummat dan Idris Putrawan dari partai Gelora. Dari 11 kursi ini, 7 diantaranya pendatang baru, sedangkan incumbent yang terpilih hanya 3 ***

Berita Terkait

Resmi, Sudirman Dampingi Sahril Maju di Pilkada Sumbawa 2024
Survei Terbaru OMI Institute: Paslon Zul-Uhel Unggul 50,5% Pilgub NTB
Bupati Bima Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024 
Deddy AZ : Zulrohmi Satu Hati, Hormati Mekanisme Dukungan NWDI!
TGB Belum Setuju Deklarasikan Zul-Rohmi Jilid II
Kandidat Calon Gubernur NTB Sukiman  Azmi  Daftar Tiga Parpol Hari Ini
Jelang Pilkada, Paslon RAMAH  Serahkan Berkas Pendaftaran di 8 Partai Politik
Bupati Lombok Tengah Daftar Maju Pilgub NTB 2024 Lewat PKB

Berita Terkait

Jumat, 31 Mei 2024 - 23:52 WITA

Survei Terbaru OMI Institute: Paslon Zul-Uhel Unggul 50,5% Pilgub NTB

Minggu, 26 Mei 2024 - 20:05 WITA

Bupati Bima Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024 

Senin, 6 Mei 2024 - 23:11 WITA

Deddy AZ : Zulrohmi Satu Hati, Hormati Mekanisme Dukungan NWDI!

Senin, 6 Mei 2024 - 21:49 WITA

TGB Belum Setuju Deklarasikan Zul-Rohmi Jilid II

Senin, 6 Mei 2024 - 19:12 WITA

Kandidat Calon Gubernur NTB Sukiman  Azmi  Daftar Tiga Parpol Hari Ini

Senin, 6 Mei 2024 - 17:04 WITA

Jelang Pilkada, Paslon RAMAH  Serahkan Berkas Pendaftaran di 8 Partai Politik

Senin, 6 Mei 2024 - 06:57 WITA

Bupati Lombok Tengah Daftar Maju Pilgub NTB 2024 Lewat PKB

Senin, 6 Mei 2024 - 06:49 WITA

Gerindra Usung Duet Farin-Dayah di Pilkada Lobar

Berita Terbaru

SOCIAL & POLITIC

ZulUhel Disebut Pasangan Pemimpin yang Merakyat, Ini Kata Mereka!

Minggu, 9 Jun 2024 - 13:19 WITA

SOSIAL BUDAYA

“Merarik Kodek” Bukan Budaya Sasak Lombok

Selasa, 4 Jun 2024 - 12:49 WITA

Translate »