On Time

- Pewarta

Selasa, 2 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kenapa kita harus tepat waktu? Pertanyaan itu bila ditanyakan kepada 3 orang, insyaallah, akan beragam jawabannya. Lain halnya dengan pertanyaan, “Jam berapa sholat magrib (atau sholat fardhu lainnya) dimulai?” Jawabannya akan lebih berfokus dengan batasan yang lebih pasti.

Puasa Ramadhan yang kita jalani seperti saat ini memang memiliki aturan atau ketentuan yang pasti.  Salah satu ketentuan itu, misalnya soal waktu terbaik menurut Allah kapan harus berbuka puasa. Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka.”

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tepat waktu dalam melakukan sesuatu memiliki makna penting dalam banyak aspek kehidupan, termasuk dalam agama Islam. Mengapa tepat waktu dianggap penting bila ini dikaitkan dengan ibadah puasa Ramadan dan kehidupan sehari-hari?

Tepat waktu merupakan manifestasi dari ketaatan kepada Allah. Dalam Islam, waktu memiliki nilai yang sangat penting karena Allah menetapkan waktu-waktu tertentu untuk ibadah seperti shalat, puasa, dan lainnya. Menjalani ibadah tepat waktu menunjukkan ketaatan dan penghormatan terhadap perintah-perintah Allah.

Tepat waktu juga mencerminkan disiplin dan tanggung jawab seseorang terhadap tugas dan kewajiban yang diemban. Ketika seseorang mampu menjaga waktu dengan baik, itu menunjukkan bahwa ia memiliki kontrol diri yang baik dan tanggung jawab terhadap kewajiban-kewajibannya.

Setiap detik dalam hidup merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah. Dengan memanfaatkan waktu secara tepat, seseorang menghargai nikmat yang diberikan dan berusaha untuk tidak menyia-nyiakannya.

Menjalani hidup dengan tepat waktu membantu seseorang untuk meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Baik itu dalam karir, hubungan sosial, atau spiritualitas. Kebiasaan tepat waktu yang dilakukan oleh seseorang akan membantu dirinya dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas usahanya.

Keteraturan dalam menjalani rutinitas sehari-hari, termasuk tepat waktu dalam beribadah, dapat membantu menjaga kesehatan mental dan emosional seseorang. Dengan memiliki jadwal yang teratur, seseorang dapat mengurangi stres dan kecemasan karena tidak terlalu terburu-buru atau terlalu lambat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Tepat waktu juga merupakan bentuk penghormatan terhadap orang lain. Ketika seseorang datang tepat waktu untuk pertemuan atau janji, itu menunjukkan bahwa ia menghargai waktu dan komitmen orang lain. Hal ini menciptakan hubungan yang lebih baik dalam interaksi sosial.

Dengan melakukan buka puasa dan santap sahur selama bulan puasa Ramadan sesuai dengan ketepatan waktu yang tersedia, umat Islam diajarkan untuk memiliki disiplin dan ketaatan dalam menjalankan ibadah, serta membawa prinsip-prinsip ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, puasa Ramadan tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan latihan untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, baik secara spiritual maupun sosial.

Semoga puasa makin mengajarkan kepada kita untuk tepat waktu (on time) dalam mewujudkan kebaikan yang diajarkan oleh Rasul. Insyaallah.**

 

 

Penulis : Cukup Wibowo

Editor : Editor Ceraken

Berita Terkait

CLOSING DAY
SOSMED
AMBIVALENSI
PREFERENSI
Setan
Kematian
Takut
Hedonisme

Berita Terkait

Rabu, 10 April 2024 - 13:04 WITA

CLOSING DAY

Senin, 8 April 2024 - 15:14 WITA

SOSMED

Minggu, 7 April 2024 - 08:57 WITA

AMBIVALENSI

Sabtu, 6 April 2024 - 11:15 WITA

PREFERENSI

Jumat, 5 April 2024 - 10:56 WITA

Setan

Kamis, 4 April 2024 - 08:31 WITA

Kematian

Rabu, 3 April 2024 - 08:54 WITA

Takut

Selasa, 2 April 2024 - 09:16 WITA

On Time

Berita Terbaru

SOCIAL & POLITIC

ZulUhel Disebut Pasangan Pemimpin yang Merakyat, Ini Kata Mereka!

Minggu, 9 Jun 2024 - 13:19 WITA

Translate »